Makalah Menuju Sekolah Global dengan Marketing Proposional
Mei 13, 2017
Tujuan
sekolah global adalah untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan
sikap yang diperlukan untuk hidup secara efektif dalam dunia yang sumber daya
alamnya semakin menipis dan ditandai oleh keragaman etnis, pluralisme budaya
dan semakin saling ketergantungan.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami berhasil
menyelesaikan makalah yang berjudul “MENUJU
SEKOLAH GLOBAL DENGAN MARKETING PROPOSIONAL (identitas sekolah global,
syarat kesuksesan marketing sekolah,parameter kesuksesan marketing sekolah)”.
Dari makalah ini semoga dapat memberikan informasi kepada kita semua betapa
pentingnya pemimpin dalam sebuah organisasi.
Ucapan terima kasih tidak lupa kami
sampaikan kepada …………………… selaku dosen mata kuliah yang bersangkutan,
dan semua pihak yang telah membantu sehingga kami dapat menyelesaikan tugas
makalah ini. Kami menyadari atas kekurangan kemampuan kami dalam pembuatan
makalah ini, sehingga akan menjadi suatu kehormatan besar bagi kami apabila
mendapatkan kritikan dan saran yang membangun agar makalah ini selanjutnya akan
lebih baik dan sempurna serta komprehensif.
Demikian akhir kata dari kami,
semoga makalah ilmiah ini bermanfaat bagi semua pihak dan pembelajaran budaya
khususnya dalam segi teoritis sehingga dapat membuka wawasan ilmu budaya serta
akan menghasilkan yang lebih baik di masa yang akan datang.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Marketing
atau pemasaran apakah hanya untuk perusahaan? Ataukah marketing tidak
diperlukan untuk sekolah? Jamal Ma’mur Asmani (2015) menjawabnya sekolah
membutuhkan marketing strategi jitu agar mampu menerapkan jiwa kompetisi dan
sportivitas untuk melahirkan sekolah unggulan.Konsep inti marketing adalah
menggali kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan sebagai dasar untuk
menciptakan produk yang mempunyai nilai, biaya, kepuasan pelanggan, sehingga
bisa dipertukarkan dengan sukses.
B. Rumusan
masalah
1.
Apa pengertian identitas sekolah global?
2.
Apa syarat kesuksesan marketing sekolah?
3.
Apa parameter kesuksesan marketing sekolah?
C. Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian identitas sekolah
global.
2.
Untuk mengetahui syarat kesuksesan marketing
sekolah.
3.
Untuk mengetahui parameter kesuksesan marketing
sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertin
identitas sekolah global
Dilihat
dari segi bahasa bahwa identitas itu berasal dari bahasa inggris yaitu
“identity” yang dapat diartikan sebagai ciri-ciri, tanda-tanda atau jati diri.
Ada ciri-ciri fisik dan ada ciri-ciri nonfisik. Identity sering diindonesiakan
menjadi identitas atau jati diri. Jadi, identy atau identitas atau jati diri,
dapat memiliki dua arti
pertama,
identitas atau jati diri yang menunjuk pada ciri-ciri yang melekat pada diri
seseorang atau sebuah benda, dan yang
kedua,
identitas atau jati diri dapat berupa surat keterangan yang dapat menjelaskan
pribadi seseorang dan riwayat hidup seseorang. Di samping itu, identitas atau
jati diri dapat juga digunakan untuk menggambarkan pengertian diri sendiri yang
menyangkut siapa dia (baik laki-laki maupun perempuan).
Sekolah
adalah sebuah konsep yang mempunyai
makna ganda. Pertama, sekolah berarti suatu bangunan atau lingkungan fisik
dengan segala perlengkapannya yang merupakan tempat untuk menyelenggarakan
proses pendidikan tertentu bagi kelompok manusia tertentu. Bayangan sekolah
sebagai lingkungan fisik seperti itu diperkuat dengan keseragaman relative mengenai
bentuk bangunan dan perlengkapannya, sehingga dapat dikatakan bahwa kondisi
fisik sekolah-sekolah yang sejenis dan setingkat relativesekolah berarti suatu
proses atau kegiatan belajar mengajar.
sekolah Global adalah
upaya untuk menanamkan suatu pandangan (prespective) tentang dunia
kepada siswa dengan memfokuskan bahwa terdapat saling keterkaitan antar budaya,
umat manusia dan kondisi planet bumi. Tujuan pendidikan setiap mata pelajaran
untuk kondisi saat ini menekankan pada kemampuan siswa dalam berfikir kritis,
namun ada hal yang unik dalam sekolah global, yakni fokus substansinya yang
berasal dari hal-hal yang mendunia yang semakin bercirikan pluralisme.
Tujuan sekolah global adalah
untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk
hidup secara efektif dalam dunia yang sumber daya alamnya semakin menipis dan
ditandai oleh keragaman etnis, pluralisme budaya dan semakin saling
ketergantungan.[1]
Sedangkan
identitas sekolah global menurut kami adalah jati diri sekolah yang banyak dikenal
oleh banyak
B. Syarat
kesuksesan marketing sekolah
Dalam dunia sekolah
tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses
pemasaran, agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan.
Selain itu teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari
penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran
yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan,
bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat
pelanggan semakin loyal. Berikut beberapa syarat untuk memasarkan sekolah
dengan lebih mudah dan efektif:
1.
Buat Strategi dan Target Konsumen
Buatlah kegiatan promosi yang dapat menarik
minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan hadiah kepada peserta yang mau
masuk kelembaganya.
Tentukan juga target dan segmentasi pasar
antara produk dan konsumen, seperti produk A cocok untuk konsumen tingkat apa
dan buat strategi serta target yang harus Anda raih dalam melakukan kegiatan pemasaran
tersebut.
2.
Menguasai Product Knowledge
Satu-satunya cara agar meyakinkan masyarakat
adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai sekolah tersebut. Dengan
mengetahui segala informasi tentang sekolah yang ditawarkan, maka secara tidak
langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon peserta dan orang tua.
Berikan informasi dengan jelas tentang
kelebihan sekolah, kegunaannya, kualitas nya,
kepada masyarakat. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih
lembaga yang Anda tawarkan.
3.
Memahami Perilaku Konsumen
Sebelum menawarkan sekolah anda ke
masyarakat, terlebih dahulu tentukan target
yang akan Anda jalani. Bisa jadi masyarakat umum yang berasal dari
kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.
Pastikan bahwa Anda memasarkan lembaga
kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus
kenali dulu perilaku konsumen yang Anda bidik untuk mengetahui minat dan
kebutuhan mereka.
4.
Memperluas Jaringan dan Pertemanan
Memiliki jaringan yang cukup luas tentunya
akan memudahkan Anda dalam menjalankan pemasaran sekolah. Banyak manfaat yang
bisa Anda dapatkan dari jaringan yang Anda miliki. Mulai dari peluang kerja
sama, memudahkan Anda dalam pemasaran sekolah.
Tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa kendala
dalam menjalankan usaha dapat terselesaikan melalui bantuan jaringan yang Anda
bangun dengan baik. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, maka bertambah
besar pula peluang yang tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi,
jangan pernah ragu untuk membuka jaringan baru dan perluas pengetahuan Anda
untuk mendapatkan pelanggan baru.
5.
Memperhatikan Respon Konsumen
Terkadang setiap pelanggan memberikan respon
berbeda-beda terhadap sekolah yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan
produk atau jasa Anda, cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk
memperkuat keunggulan produk sekolah yang ditawarkan. Namun jika respon
konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk
mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.
6.
Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah
Kegiatan marketing memiliki tantangan dan
hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan
profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target sekolah atau mengalami penolakan
dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima
para marketing.
Seorang marketing sejati memang harus selalu
optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan.
Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat,
sehingga siswa yakin memilih sekolah yang Anda pasarkan.
Optimis dan pantang menyerah merupakan kunci
utama kesuksesan Anda sebagai seorang marketing.
7.
Memiliki Gadget yang Dapat Menghemat Waktu
Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi
baik dari pihak sesama sekolah ataupun dari sekolah kepada masyarakat. Begitu
juga dengan pemasaran sekolah yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para
sekolah dengan masyarakat.
Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi
sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah. Jika Anda sebagai pelaku sekolah
bisa membangun komunikasi yang baik, Anda pun bisa dengan mudah membujuk mereka
untuk masuk ke sekolah yang ditawarkan.
8.
word of mouth (WOM)
promosi yang paling kuno dan ternyata paling
epektif adalah promosi dari mulut ke mulut, atau dalam bahasa marketing dikenal
dengan istilah word of mouth (WOM). Promosi semacam ini lahir dari kepuasan
konsumen. Kalau orang tua siswa merasa puas dengan program sekolah, kualitas
guru, fasilitas dan prestasi-prestasi yang diperoleh sekolah maka dengan
sendirinya para orang tua siswa tersebut dengan suka rela membicarakannya ke
saudara, tetangga atau kenalan barunya. Ini menyangkut reputasi dan pelayanan
sekolah tentunya. Makanya sekolah dengan kualitas diatas rata-rata akan
mempunyai relawan-relawan promosi yang banyak karena setiap orang tua siswa
akan menceritakan mempromosikan sekolah tempat anaknya bersekolah terus menerus
tidak hanya ketika waktu PSB.
Selain melalui orangtua siswa biasanya
promosi dari mulut ke mulut dilakukan pula oleh alumni.Biasanya semakin banyak
alumni, maka semakin banyak pula “suara” promosi. Karena setiap alumni akan
bercerita tentang sekolahnya. Untuk itu manfaatkan alumni yang ada di sekolah
untuk menjadi duta promosi ke sekolah-sekolah tempatnya dulu bersekolah,
biasanya dengan melakukan kunjungan promo bersama si alumni tadi.
C. Parameter
kesuksesan marketing sekolah
Dalam
sebuah buku, karya Robert Allen dan Max Victor Hansen, disebutkan bahwa salah
satu kunci sukses adalah memiliki mimpi.Dream(s) adalah mimpi, tujuan,
cita-cita, harapan yang ingin kita capai.
BAGAIMANA
SEORANG MARKETING BISA DIKATAKAN SUKSES ???Sukses menurut William A. Ward
adalah: Seseorang yang sukses adalah orang yang memutuskan untuk sukses dan
kemudian mengerjakannya.Sukses yang sesungguhnya adalah sukses yang sukses.
Artinya, kita dapat menikmati itu semua, Free Money and Free Time atau Bebas
Uang dan Bebas Waktu.
Sebenarnya
apa yang menjadi parameter sukses tidaknya seorang marketing? Jawabannya
sederhana, jika seorang marketing bisa mencapai target dan menghasilkan income
yang sangat besar, maka dia tergolong ke dalam kategori marketing yang
berhasil. Apa sesederhana itu? Tentu saja, hanya yang menjadi masalah adalah
proses untuk mencapai Target dan menghasilkan Income itu tidak mudah dan justru
sangat sulit. Sebaliknya sekali kita berhasil melakukannya itu bisa menjadi hal
yang sangat menyenangkan. Perlu diingat, kunci nya ada pada PROSES-nya. Anda
harus kuat untuk bertahan dan berpikir lebih banyak saat menghadapi proses ini,
karena proses inilah yang menjadi penentu sampai atau tidaknya Anda kepada
tujuan akhir Anda sebagai seorang Marketing yang sukses.Ada 4 hal yang yang
menjadi perbedaan dasar antara marketing yang sukses dan gagal dalam melalui
prosesini:
1. Belajar
Belajar menjadi
fundamental yang harus dipenuhi oleh seorang marketing, bahkan dalam bidang
apapun yang ada di dunia ini membutuhkan belajar untuk bisa mencapai
kesuksesan. Jika sebagai marketing, anda tidak mau melewati proses yang satu
ini, dapat dipastikan 99% Anda akan gagal.
2. Waktu
Kenapa waktu? Fakta
yang ada : seorang marketing yang berhasil mau belajar dan bekerja lebih lama
setiap harinya dibanding marketing yang gagal dan mudah mengeluh. Waktu adalah
komitmen yang harus anda penuhi jika anda ingin berhasil dan ini tidak bisa
tidak. Begitu anda memilih marketing untuk mencapai kesuksesan karir Anda, maka
anda harus siap mengorbankan sebagian waktu dalam hidup anda untuk menjalani
karir Anda itu. Komitmen lainnya terhadap waktu adalah anda harus siap mencoba
dan mencoba terus sampai kapanpun, menggunakan waktuyang ada dengan baik.
3. Mental
Hal lain yang sangat
menentukan berhasil tidaknya anda dalam dunia marketing adalah seberapa kuat
MENTAL anda menghadapi tantangan dan pesaing Anda. Sebagian besar marketing
pemula kehilangan murid mereka kemudian mengeluh dan mencari kesalahan kepala
sekolah mereka. Selanjutnya mereka berhenti berusaha dan mengatakan kepada
teman-teman mereka bahwa marketing adalah bisnis yang sulit dan tidak ada yang
berhasil. Anda harus membangun mental Anda menjadi sebuah baja yang tahan
banting yang siap menghadapi tantangan apapun dalam dunia marketing apapun itu,
Anda harus siap menghadapinya, termasuk kegagalan dan kehilangan uang anda.
Kenapa? Karena itulah bagian dari PROSES yang harus anda lewati untuk mencapai
tujuan anda. Tidak ada pebisnis yang sukses dengan mental pecundang dan suka
mengeluh, OK, sekarang siapkah anda melatih diri anda agar memiliki mental
pemberani dan tidak pernah menyalahkan siapapun atas kegagalan anda? karena
satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas kegagalan dan kesuksesan anda
adalah diri anda sendiri.
4. Kerja
Keras
Sukses dapat diraih
juga melalui kerja keras. Hal yang harus Anda lakukan adalah memperbanyak usaha
atau kerja keras, sekalipun itu memerlukan banyak pengorbanan. Namun, jika anda
selalu berusaha, tidak ada kata berhenti dan tidak kenal menyerah, cepat
ataulambat Anda pasti akan berhasi. Usaha atau kerja kerasAnda tidak akan
pernah menjadi sia-sia, tapi akan membuahkan hasil yang maksimal.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
identitas sekolah global menurut kami adalah jati diri sekolah yang banyak dikenal oleh banyak
syarat untuk
memasarkan sekolah dengan lebih mudah dan efektif:
1.
Buat Strategi dan Target Konsumen
2.
Menguasai Product Knowledge
3.
Memahami Perilaku Konsumen
4.
Memperluas Jaringan dan Pertemanan
5.
Memperhatikan Respon Konsumen
6.
Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah
7.
Memiliki Gadget yang Dapat Menghemat Waktu
Sebenarnya
apa yang menjadi parameter sukses tidaknya seorang marketing? Jawabannya
sederhana, jika seorang marketing bisa mencapai target dan menghasilkan income
yang sangat besar, maka dia tergolong ke dalam kategori marketing yang
berhasil. Apa sesederhana itu? Tentu saja, hanya yang menjadi masalah adalah
proses untuk mencapai Target dan menghasilkan Income itu tidak mudah dan justru
sangat sulit. Sebaliknya sekali kita berhasil melakukannya itu bisa menjadi hal
yang sangat menyenangkan. Perlu diingat, kunci nya ada pada PROSES-nya. Anda
harus kuat untuk bertahan dan berpikir lebih banyak saat menghadapi proses ini,
karena proses inilah yang menjadi penentu sampai atau tidaknya Anda kepada
tujuan akhir Anda sebagai seorang.
DAFTAR PUSTAKA
·
Alma, Buchari,Pemasaran Stratejik jasa pendidikan,Bandung:
Alfabeta, 2003
[1]
Alma, Buchari,Pemasaran
Stratejik jasa pendidikan,Bandung: Alfabeta, 2003 Hlm 54